Berita

Diikuti 35 Calon Jamaah Haji, Nang Sukarman Sampaikan Materi Pada Manasik Haji Tingkat Kecamatan

Kamis, 2 Mei 2024 15:12 WIB
  • Share this on:

Lampung Utara (Humas). Para jamaah haji dalam Kegiatan Manasik Haji tingkat Kecamatan pada hari ini mendapatkan Materi oleh Pelaksana Harian (PLH) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara Nang Sukarman. Bertempat di Masjid Jami’ Al Muttaqin Abung Surakarta, Kamis 2 Mei 2024.

Dalam kegiatan ini merupakan gabungan dari dua Kecamatan yakni dihadiri oleh Kepala Kantor Urusan (KUA) Abung Surakarta Firhan Rolib dan Kepala KUA Abung Timur Ali Jumani, dan 35 orang calon jamaah haji.

Dalam materinya Nang Sukarman menjelaskan tentang Dasar Hukum Penyelenggaraan Haji antara lain merujuk pada undang-undang Nomor 08 Tahun 2019. Pemerintah berkewajiban memberikan pembinaan kepada Bapak Ibu sekalian dalam hal ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten dan Kantor Urusan Agama Kecamatan.

Disamping itu Nang menjelaskan tentang hak dan kewajiban pemerintah dalam penyelenggaraan haji sebagai upaya peningkatan kualitas jamaah haji, baik kewajiban pemerintah di tanah air maupun di tanah suci selama menjalankan ibadah haji. Selain itu hak dan kewajiban jamaah haji selama penyelenggaraan haji agar antara pemerintah dengan masyarakat dapat melaksanakan hak dan kewajiban secara berimbang.

Nang menjelaskan mengenai 3 jenis Haji yang pertama Haji Ifrad  yakni jenis haji yang mendahulukan haji baru umrah, kedua Haji Qiran yakni menggabungkan niat haji dan umrah sekaligus, dan yang ketiga haji Tamattu yakni orang yang melaksanakan umrah dulu pada bulan haji.

Pemerintah Indonesia dalam hal ini melalui Kementerian Agama memberikan bimbingan dan arahan kepada calon jamaah haji terkait pelaksanaan haji yang bertujuan untuk memastikan jamaah dapat melaksankaan ibadah haji dengan benar dan sesuai syariat. Terangnya

Oleh karena itu kegiatan bimbingan manasik haji wajib diberikan untuk memberikan manfaat dan pembelajaran sebelum melakukan ibadah haji dan wajib pula dipahami oleh CJH agar mendapatkan haji yang mabrur. Ucap Nang (Dw/Ad)

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -