Berita

Satgas Halal dan Penyuluh Agama Islam Kantor Kemenag Lampung Utara Gelar Kampanye Wajib Halal Di Dua Titik Lokasi

Jumat, 5 April 2024 11:20 WIB
  • Share this on:

Lampung Utara (Humas). Satgas Halal dan Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara melaksanakan kampanye halal untuk mensukseskan program Wajib Halal Oktober 2024 (WHO) dan Pengawasan Jaminan Produk Halal (JPH), Kamis 04 April 2024.

Kampanye ini bersamaan dengan kampanye serentak se Indonesia yang digelar Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI, untuk Kabupaten Lampung Utara yang di pusatkan di dua titik yakni Pasar Dekon Dan Pasar Kaget Stadion Sukung Kotabumi.

Kampanye ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara Totong Sunardi, Kasubbag Tata Usaha Nang Sukarman, Kasi Bimas Islam Tarmizi, dan Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara.

Kakankemenag Totong Sunardi dalam mengawali kampanye menyampaikan kepada Seluruh Tim untuk terjun kelokasi kampanye guna mensosialisasikan program WHO agar semua produk makanan, minuman, bahan baku, jasa penyembelihan dan hasil sembelihan, serta bahan tambahan pangan dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman harus bersertifikat halal.

Dengan adanya sertifikat halal produk yang dihasilkan pelaku usaha akan dijamin aman dan terpercaya. Karena sertifikat halal itu sendiri akan memberikan dampak positif bagi pelaku usaha itu sendiri, ucap Totong.

Dalam pelaksanaan kegiatan kampanye juga sosialisasi pengawasan JPH terhadap pelaku usaha, UMKM/Penjual makanan dan minuman yang telah memiliki sertifikat halal, nomor ID dan Barcode, jenis produk, nama bahan, NIB, serta kesesuaian logo halal Indonesia sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Satgas Halal dan Penyuluh menjelaskan pada semua pelaku usaha yang ada dititik lokasi kampanye bahwa batas akhir penahapan pertama sertifikat halal gratis tanggal 17 Oktober 2024, jadi tanggal 18 Oktober 2024 semua jenis produk yang beredar di pasaran harus sudah bersertifikat halal. (Dw/Ad)

 

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -